Home / NEWS

Kamis, 20 Mei 2021 - 07:42 WIB

Antisipasi Banjir, Tim Pengendali Banjir Lakukan Pembongkaran Bangunan

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Hujan yang mengguyur Kabupaten Bulukumba beberapa hari terakhir yang memunculkan genangan air membuat Tim Pengendali Banjir (TPB) Kabupaten Bulukumba terus melakukan pembenahan untuk mengendalikan banjir dengan membongkar bangunan yang telah menutupi drainase.

TPB melakukan pembongkaran bagian bangunan yang terletak di Jalan Kusuma Bangsa, Kelurahan Caile, Kecamatan Ujung Bulu, Kota Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Wakil Ketua TPB Bulukumba, Rudy Ramlan mengatakan bangunan tersebut ditengarai melanggar aturan. Berdasarkan ketentuan yang ada, garis sempadan bangunan minimal empat meter dari badan jalan, sedangkan bangunan itu tidak mencapai jarak minimal.

Baca Juga:  Diringkus Polisi, Ini Wajah Pelaku Pembunuh Pegawai Rumah Sakit di Bulukumba

Sebelum bangunan tersebut di bongkar, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan pemilik bangunan. Bangunan yang di bongkar ini menutupi drainase atau saluran air, sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan genangan air dan banjir.

“Bangunan itu terpaksa kita bongkar karena telah menutupi drainase atau saluran air, idealnya kita akan buatkan bak kontrol tiap tiga meter,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bulukumba ini.

Selain bangunan itu, Rudy Ramlan juga mengatakan jika banyak menemukan beberapa bangunan yang menutup saluran air yang ada di lokasi. Ia pun menegaskan jika kondisi tersebut berlarut-larut, maka luapan air ketika musim hujan tiba akan menutupi ruas jalan.

Baca Juga:  Bantuan Covid-19 Berpolemik, Pemkab Bulukumba Diusul Buat Perbup

“Kita temukan ada beberapa bangunan melanggar sempadan jalan, dan alhamdulilah setelah kami berkomunikasi dengan pemilik ruko kita bersepakat membongkar bangunan yang melanggar sempadan jalan itu,” jelasnya.

Rudy menjelaskan jika pihaknya akan membongkar beberapa bangunan yang telah melanggar sempadan jalan sepanjang Jalan Kusuma Bangsa.

“Kita temukan ada beberapa bangunan yang melanggar. Karena kita ingin air yang tergenang sepanjang jalan Kusuma Bangsa bisa dialirkan ke drainase yang sudah ada. Insyah Allah kita akan benahi semua wilayah yang selama ini tergenang,” terangnya.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

DAERAH

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Bulukumba Lebih Tinggi Dibanding Penambahan Kasus Baru

DAERAH

Bupati Ajak Pemuda Bantaeng Temu Kenali Persoalan di Masyarakat

NEWS

Didesak Tuntaskan Kasus Korupsi, Kejari Bulukumba Akui Semuanya Sedang Diproses Hukum

DAERAH

KPU dan Bawaslu Gagas Kerja Sama dengan Pemkab Bantaeng

DAERAH

Sembuh Lagi 2, Tersisa 3 Positif Covid-19 dari Bulukumba yang Dirawat

NEWS

Komisi C DPRD Bulukumba Gelar RDP Bersama Lingkungan Hidup

NEWS

Tunggak Pajak Hingga Ratusan Juta, Mall Wisata Bulukumba Dipasangi Plang

NEWS

Forum Bikers Bulukumba dan Komunitas Panrita Lopi Galang Bantuan Bencana Sulbar