Andi Bau Amal, Dua Periode Tak Tergantikan di Jabatan Sekda Bulukumba

BULUKUMBA, KUMANIKA.com–Andi Bau Amal saat ini memasuki hari-hari terakhir menduduki jabatannya sebagai Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bulukumba.

Sebagai seorang birokrat yang telah malang melintang di birokrasi selama kurang lebih 33 tahun, ia akan memasuki masa pensiun pada 31 Desember 2020 atau kurang lebih 8 hari mendatang.

Sekda sendiri merupakan jabatan tertinggi untuk ukuran Aparatur Sipil Negara (ASN) sebuah daerah. Dirinya tak tergantikan menduduki jabatan tersebut selama dua periode berturut-turut.

Baca Juga:  DPRD Dorong Pemerintah Tingkatkan Sarana Pariwisata

Hal itu membuktikan kualitas dirinya selama puluhan tahun berada di birokrasi pemerintahan, termasuk pada puncak karirnya sebagai ASN di jabatan Sekda.

Sebelumnya, ia mendampingi Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan-Syamsuddin pada periode 2011-2015 lalu.

Selanjutnya, ia kembali dipercaya dikepemimpinan AM Sukri Sappewali-Tomy Satria Yulianto pada periode 2016-2021 sebagai Sekda.

“Saya menjabat Sekda itu selama sembilan tahun lebih, hampir 10 tahun,” katanya kepada kumanika.com, Rabu (23/12/2020).

Sekadar diketahui, Sekda mempunyai tugas penting dalam pemerintahan. Sekda melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tata laksana serta memberikan pelayanan administratif kepada seluruh perangkat daerah.

Baca Juga:  Ranperda APBD 2021 Bantaeng Disetujui Jadi Perda

Peran ini menunjukan Sekda sebagai koordinator, fasilitator, dan dinamisator dalam menjalankan fungsi dan tugasnya tersebut.

Selain Sekda, jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba juga akan segera berakhir dua bulan lagi, tepatnya pada Februari tahun 2021.

“Nanti ada Plt Sekda yang akan menemani Bupati dan Wakil Bupati sampai akhir jabatannya pada Februari 2021,” tutup Andi Bau Amal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template