Home / HUKUM

Sabtu, 17 April 2021 - 04:23 WIB

AMPH Desak Pimpinan Bank Sulselbar Transparan Soal Kredit Fiktif 

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel terus melakukan pendalaman kasus kredit fiktif yang terjadi di Bank Sulselbar Cabang Bulukumba yang mendudukan Account Officer (AO) berinisial IRR sebagai tersangka.

IRR ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejati Sulsel atas dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan pemberian Kredit Usaha Mandiri (KUM) dan Kredit Usaha Lainnya (KUL) secara fiktif dari tahun 2016 sampai dengan 2021.

Atas perbuatan IRR, Kejati Sulsel menemukan kerugian negara mencapai Rp25 miliar. IRR ditetapkan tersangka sejak Kamis (8/4/2021) lalu dengan nomor 32/p.4.5/Fd.1/04/2021.

Baca Juga:  Ditetapkan Tersangka, Begini Peran Kepala BKPSDM Bulukumba

Ketua Aliansi Mahasiswa Pemerhati Hukum (AMPH) Sulawesi Selatan, Andi Amrul Nur Risal, berharap agar Kepala Bank Sulselbar Cabang Bulukumba memberikan klarifikasi atas kasus tersebut.

“Karena Ini sudah menjadi sorotan pablik, kami harap Kepala Cabang Bank Sulselbar Kabupaten Bulukumba harus transparan atas kasus ini,” katanya, Jumat (16/4/2021).

Amrul berharap juga berharap agar penyidik Kejati Sulsel tidak hanya menangkap AO seorang. Akan tetapi dirinya berharap Credit Officer dan Pimpinan Cabang (Pincab) juga ditelusuri perannya atas setiap pengajuan kredit yang dilakukan IRR.

Baca Juga:  Tolak Pembongkaran Median Jalan, Partai Pengusung Andi Utta-Andi Edy Berbalik Jadi Oposisi

“Keluarnya peminjaman kredit ini kan harus ada persetujuan pimpinan, jadi harusnya pimpinan juga harus di periksa oleh pihak Kejati,” tegasnya.

Amrul menegaskan jika pihaknya akan terus mengawal dan mengikuti perkembangan kasus ini sampai tuntas. Apalagi dalam perkara ini ditemukan indikasi kerugian negara yang cukup besar.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

HUKUM

Polisi Tetapkan 12 Tersangka Kasus Pengambilan Jenazah PDP Covid-19

HUKUM

Puluhan Pelaku Balap Liar Beserta Motor Diamankan Polisi

DAERAH

Pegawai Rumah Sakit Tewas Dibacok Secara Membabi Buta di Bulukumba

HUKUM

Korban Percobaan Pemerkosaan Keluhkan Sikap Lamban Polisi

HUKUM

Penipuan Arisan Online, Kuasa Hukum Minta Masyarakat Berhati-hati

HUKUM

Seorang Pelajar Diduga di Pukul Oleh Oknum ASN Lapas Bulukumba

HEADLINE

Pejabatnya Jadi Tersangka Korupsi, Bupati: Biarkan Penegak Hukum Membuktikan

HUKUM

Dua Mobil Mewah Tersangka Kredit Fiktif Disita Kejati Sulsel