Home / NEWS

Sabtu, 16 Januari 2021 - 00:21 WIB

Algazali, Bocah 5 Tahun yang Sedang Berjuang Melawan Tumor Mata

BULUKUMBA, KUMANIKA.com–Hasnawati sedang sibuk bolak balik dari kamar 209 perawatan melati RSUD Sultan Dg Radja Bulukumba. Rupanya saat itu ia membeli obat untuk anak kesayangannya Algazali yang sedang berjuang melawan tumor mata.

Saat di temui Kumanika.com di ruang tunggu perawatan, Hasnawati tak bisa menahan air matanya atas kondisi anaknya yang masih berusia 5 tahun itu.

“Kami sudah 7 hari di sini dan mulai khawatir dengan kondisinya. Dia kuat sekali menahan sakit, selama ini Algazali ini tidak pernah mengeluh, anakku ini punya kekuatan batin dan fisik,” ujarnya sembari meneteskan air mata.

Warga Dusun Buhungluara, Desa Karama Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba, Hasnawati saat ini hanya membutuhkan bantuan dari semua pihak agar anaknya bisa di tolong dan di rujuk ke makassar sesuai arahan dokter.

“Kalau memang mau dibantu tolong, kami butuh secepatnya, sudah 2 hari ini selalu dia muntahkan susu dan makanannya kasian. Sekarang kondisinya drop sekali dan dokter yang mengurusnya hanya 1 orang, cuma dokter anak saja,” ujar Hasnawati yang masih tersedu-sedu menahan tangis.

Baca Juga:  Legislator PKB Kembalikan Dana Rp 150 juta

Kini ibu 3 anak ini sudah tak berdaya lagi, sebab BPJS yang sementara dalam pengurusan mendapat banyak kendala. Algazali di dalam Kartu Keluarganya tak bisa di input di dinsos maupun di BPJS.

“Tadi pagi saya sudah dari Dinsos, tapi di sana dia bilang nama algasali belum terdaftar di online jadi di suruhka ke capil untuk urus, tapi kantor capil katanya masih tutup dan belum di buka karena covid 19,” terang Hasnawati.

Perempuan 30 tahun itu mengatakan bahwa dokter telah menyarankan agar Al dirujuk ke RS Wahidin Makassar. Namun, keterbatasan biaya, Al masih mendapat pengobatan di rumah sakit dengan proses perawatan yang berlaku umum.

Kasubag Humas RSUD Sultan Dg Raja Kabupaten Bulukumba Qumala Rubiah saat di konfirmasi membenarkan Pasien atas nama Al-Ghazali yang sudah di rawat selama 7 Hari dan masih di beri anti biotik, pasang, Ngt sonde susu dan bubur saring, umur 4 tahun 8 bulan dengan berat badan 10 kg,  terdiagnosis Tumor Mata dan gizi buruk  yang seharusnya BB 14-18 KG

Baca Juga:  Wabup Bantaeng: Laporan Keuangan Bantaeng Sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan

Rencana algazali akan dirujuk ke makassar tapi saat ini masih menunggu BPJS Algazali ini aktif”, Ujarnya

Qumala menambahkan jika informasi dari kamar perawatan anak kalau mereka telah melakukan konsultasi ke dokter mata dan sudah dapat instruksi untuk pengobatan dari beliau meski saat ini dokternya belum melihat secara langsung. Dia pun telah mendapatkan informasi dari beliau (dokter Anak) , untuk kasus seperti ini (kanker mata) tidak ada tindakan khusus, harus kemoterapi oleh bagian anak di RS wahidin.

Satu-satunya jalan yah harus dirujuk, dan kami di sini hanya bisa memberi salep dan kompres pagi sore saja pada mata dan itu sudah di sarankan oleh dokter mata sejak masuk di IGD karena penyakit seperti ini prosesnya lama, harusnya sejak kecil tumornya sudah dapat penanganannya” ungkapnya

Terakhir Qumala mengatakan jika Untuk kasus Retinoblastoma harus di tangani dokter subspesialis anak oncologi.

REPORTER: Ihsan Makkaraja

Share :

Baca Juga

NEWS

Perseteruan Oknum ASN dan Legislator di Bulukumba Berakhir Damai

NEWS

Terlibat Narkoba, Pria Bercambang di Bulukumba Tertangkap Polisi

NEWS

Bupati Bantaeng Lepas Penyaluran Bantuan Beras PPKM

NEWS

Jelang Lebaran, Roemah Djoeang AIA Bagi Sembako ke Panti Asuhan

NEWS

Ketua TP PKK Bantaeng Tekankan Pentingnya Ketahanan Keluarga

NEWS

Kejari Bantaeng Dekatkan Diri Lewat ‘Jaksa Menyapa’

NEWS

4 Jenis Olahraga Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa

NEWS

Battasa Jera’, Salah Satu Tradisi Warga Kajang Jelang Ramadhan