Home / POLITIK

Selasa, 1 September 2020 - 13:42 WIB

AHP-AMM Kandas di Pilkada Bulukumba Efek Lambatnya Golkar Tentukan Pilihan

Penyerahan surat tugas partai Demokrat kepada pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Bulukumba, AHP-AMM, Jumat (3/7/2020).

Penyerahan surat tugas partai Demokrat kepada pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Bulukumba, AHP-AMM, Jumat (3/7/2020).

BULUKUMBA, KUMANIKA.com — Lambatnya Partai Golongan Karya (Golkar) memutuskan usungan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bulukumba 2020 berdampak kepada kadernya yang menyatakan sikap ikut serta di kontestasi politik lima tahunan.

Ketua DPD II Golkar Bulukumba, Andi Hamzah Pangki yang telah menyatakan sikap bertarung di Pilkada 2020 berpasangan dengan Ketua DPC Demokrat Bulukumba, Andi Murniaty Makking harus kandas.

Keputusan Demokrat mengalihkan rekomendasi format B1KWK 4 hari jelang pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) disebut efek dari lambatnya Golkar memutuskan usungan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulsel, Ni’matullah dikonfirmasi membenarkan peralihan rekomendasi tersebut. Surat rekomendasi B1-KWK diserahkan langsung oleh Ketua Umun Demokrat Agus Harimurti Yudhiyono (AHY).

“Iya sudah diserahkan rekomendasi partai Demokrat ke pasangan dengan tagline Harapan Baru,” ujar Ni’matullah saat dihubungi awak media, Selasa, 1 September 2020. Rekomendasi partai Demokrat, lanjut Ni’matullah, diterima langsung Andi Edy Manaf di Jakarta.

Baca Juga:  Askar-Pipink Dipastikan Melenggang ke Pilkada Bulukumba 2020, JMS Masih Buru Golkar

Mengenai alih dukungan ke Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf, menurutnya, pasangan (HM21) yang terlebih dahulu diberikan tak mampu mencukupkan partai koalisi. Dimana HM21 tak mampu memperlihatkan rekomendasi format B1KWK partai Golkar.

“DPP ambil alih, karena dianggap Andi Hamzah Pangki dan Andi Murniaty Makking belum bisa mencukupkan koalisi. Padahal waktu pendaftaran di KPU sudah sangat mepet. Sehingga DPP minta DPD cari kandidat yang layak dan siap menang,” demikian Ni’matullah.

Sebelumnya, AHP-AMM mengklaim akan diusung oleh Partai Demokrat, Golkar dan Hanura. Koalisi ini hampir pasti bubar pasca beralihnya rekomendasi mercy.

Sementara, Andi Murniyati Makking yang dikonfirmasi, mengatakan bahwa Partai Demokrat mengalihkan dukungannya karena hingga kini Partai Golkar belum mengeluarkan rekomendasi.

“Demokrat mengalihkan usugannya karena Golkar belum keluar rekomendasinya sampai sekarang,” kata Ketua Demokrat Bulukumba itu.

Tapi sebagai seorang petarung, Andi Murniyati mengaku legowo, apalagi dirinya telah membuktikan bahwa Demokrat telah memberikan sinyal baik kepada dirinya selaku pemimpin partai di Bulukumba.

Baca Juga:  Emak-Emak di Kindang Serukan Perempuan Pilih Perempuan di Pilkada Bulukumba

“Jadi saya sebagai ketua partai demokrat apa usungannya Demokrat pasti saya disitu atau ke HB (Harapan Baru),” kata Andi Murniyati Makking.

Secara pribadi wakil ketua DPRD Bulukumba periode 2014-2019 itu berterima kasih kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) karena telah memberikannya kepercayaan untuk mendapat B1 KWK.

Hal tersebut merupakan bentuk penghargaan partai terhadap kadernya yang berkeinginan maju di kontestasi pilkada.

“Dan siap saya kawal (Harapan Baru) di KPU. Saya sebagai ketua partai berterima kasih kepada ketum Pak AHY sudah berusaha kasi maju kadernya, tapi koalisi tidak cukup,” jelasnya.

“Mungkin Tuhan belum menginginkan saya keluar dari DPRD dan ada jalan lain yang lebih baik. Amin,” kuncinya.

 

EDITOR:Arnas Amdas

Share :

Baca Juga

POLITIK

Tinggalkan Bulukumba Asik, Mantan Kadis Pendidikan Beralih ke Harapan Baru

POLITIK

Ketua Harian Golkar Bulukumba: Ada yang Mengaku PLT Mau Ambil Paksa Golkar

POLITIK

Pentolan JMS Merapat ke Kacamatayya di Pilkada Bulukumba

HEADLINE

Polling Survey Calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba 2020

DAERAH

Jelang Pilkada Bulukumba, Arum Spink Ditunjuk Ambil Alih Ketua NasDem Dari Tomy Satria

POLITIK

HM21 “Obok-Obok” Basis Kompetitornya di Pilkada Bulukumba

DAERAH

Andi Utta dan Deretan Figur yang Sempat Dilirik Jadi Wakilnya di Pilkada Bulukumba

POLITIK

Konflik Internal Golkar Bulukumba, Nirwan: Saya Lakukan Sesuai SK DPD I
error: Content is protected !!