4 Jenis Olahraga Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa

KUMANIKA.com— Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat Muslim, dimana diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa mulai terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Saat menjalani puasa, tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman dari luar. Meskipun demikian, bukan berarti menjadi tidak aktif dan tidak boleh berolahraga.

Olahraga membawa pengaruh positif pada tubuh. Olahraga saat puasa perlu diperhatikan agar tubuh tetap sehat dan bugar, serta tidak mengalami dehidrasi.

Jogging
Jogging adalah jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat puasa. Pilihan olahraga sore menjelang berbuka yang dapat dijadikan pilihan. Kamu bisa melakukan jogging ringan selama 20-30 menit pada sore hari.

Baca Juga:  Kabar Baik Lagi, Dua Pasien Positif 005 dan 006 Asal Bulukumba Dinyatakan Sembuh

Jogging dengan intensitas santai dan ringan, atur ritme lari yang tidak banyak menguras tenaga. Hindari jogging berlebihan yang membuat dehidrasi.

Yoga
Memilih olahraga yoga terbilang tidak membutuhkan tenaga banyak saat melakukannya. Selain itu, yoga juga mempunyai keterkaitan sendiri dengan puasa, sehingga sangat baik untuk dilakukan bersamaan.

Melakukan olahraga ini juga tidak diperlukan keluar rumah. Kamu bisa beryoga sambil menunggu waktu berbuka puasa di rumah. Peraiapkan diri untuk melalukan gerakan-gerakan yang tidak terlalu menguras tenaga.

Bersepeda
Olahraga yang dapat dilakukan untuk sekalian ngabuburit adalah bersepeda. Olahraga ringan sekaligus menyenangkan yang bisa kamu coba. Selain mengencangkan otot, bersepeda juga menyehatkan jantung.

Baca Juga:  Rapat Koordinasi COVID-19, Wabup Bulukumba Unggah Dua Bawahannya Tertidur

Kamu dapat bersepeda di sore hari dengan santai sambik menunggu waktu berbuka. Perubahan mengayuh pedal sepeda menjadi lebih santai, akan berpengaruh ke energi yang digunakan.

Aerobik
Olahraga ini dapat dilakukan dengan diiringi alunan musik, sehingga kamu akan merasa lebih senang dan bersemangat menjalaninya. Gerakan yang ringan dan mudah diikuti, latihan aerobik ini efektif untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Kamu bisa latihan aerobik selama 20-30 menit menjelang berbuka puasa. Melakukan gerakan yang ringan agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

Reporter: Devi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template