23 Tahun Malang Melintang di Pemerintahan, Daud Kahal Pernah Cicipi Dunia Cleaning Service

BULUKUMBA, KUMANIKA.com–Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bulukumba, H Daud Kahal kini menginjak usia yang ke 53 tahun pada Selasa (5/1/2021).

Lahir di Kampong Gadde, Kelurahan Bentenge, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba pada 5 Januari 1968 silam, ia tercatat telah mengabdikan diri kepada negara selama kurang lebih 23 tahun.

Mantan Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Bulukumba ini malang melintang di Pemerintahan terhitung sejak tahun 1997 terangkat menjadi ASN.

Selain Sekwan, ia pernah menjadi Kabag Humas dan Protokol, Kepala Kantor Kesbangpol, Plt Camat Herlang, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Plt Kadis Tata Ruang dan Cipta Karya, Plt Kadis PSDA dan Ketua Dewan Pengawas PDAM.

“Di Sekwan dulu saya jadi Pengurus Pusat/Nasional Assosiasi Sekretaris DPRD seluruh Indonesia (Asdeksi) mewakili Sulawesi,” katanya.

Baca Juga:  Update Kasus Corona Nasional 30 Mei: Pasien Sembuh Capai 7.015

Capaian sejumlah posisi strategis itu tak ia dapat dengan instan. Siapa sangka Daud Kahal muda sempat berjibaku sebelum memasuki dunia pemerintahan.

Ia pernah menjadi seorang Cleaning Service selama kurang lebih 3 tahun, tepatnya pada 1994-1997 sebelum akhirnya berhenti setelah lulus CPNS.

“Pernah bekerja di Makassar di Perusahaan Cleaning Service selaku area supervisor menangani kebersihan sejumlah kantor pemerintah, swasta dan perbankan,” terangnya.

Tak sampai disitu, pria berkacamata ini juga pernah mencoba peruntungan di dunia Perwira Prajurit alias Serdadu di Magelang pada 1993 silam.

Saat itu, ia baru saja menyelesaikan pendidikan S1 Ilmu Komunikasi di UVRI Makassar tahun 1992.

“Pernah gagal dalam seleksi Sekolah Perwira Prajurit Karier (Sepa PK) di Magelang. 200 orang lebih di seleksi di Kodam VII, 17 yang dikirim ke Magelang, 7 tidak lulus termasuk saya,” tuturnya.

Baca Juga:  Bantaeng Kokoh di Masa Pandemi Covid-19, Ilham Azikin Diundang di IVL

Dari rentetan kerasnya perjalanan hidupnya, Daud Kahal memiliki semboyan “Kerja ikhlas adalah Ibadah, Hidup harus berguna bagi sesama” yang menjadi pegangan kuat hingga sampai ke titik ini.

Kurang lebih 23 tahun malang melintang di pemerintahan, ia memetik sejumlah pelajaran hidup yang bisa menjadi inspirasi untuk para generasi muda.

“Tanamkan sikap disiplin, loyal kepimpinan bagi siapapun, berintegritas dan selalu optimis dalam hidup,” ujar Daud Kahal.

Pada rotasi pejabat Lingkup Pemkab Bulukumba, Januari 2020 lalu, ia dipercayakan menjabat Kadis Kominfo. Kini Daud telah bergelar magister, setelah menamatkan S2 Manajemen SDM di Universitas 45 Makassar, 2015 silam.

REPORTER: Sahi Alkhudri

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template